5 Manajemen Keuangan Sehat Agar Sukses Dalam Bisnis Dan Wirausaha

5 Manajemen Keuangan Sehat Agar Sukses Dalam Bisnis Dan WirausahaSebagai seorang pemilik bisnis, salah satu tugas penting yang butuh pertimbangan matang dan kehati-hatian adalah membuat keputusan bisnis dalam bidang keuangan, karena keputusan tersebut akan berpengaruh kepada jalannya perusahaan, baik secara langsung atau tidak langsung. Seorang pemilik bisnis harus dapat membuat sistem kerja yang sehat agar dapat membuat keputusan yang baik dalam bidang keuangan dan perhitungan yang tepat.

Berikut adalah 5 managemen keuangan sehat agar sukses dalam bisnis dan wirausaha.

Pertama, sangat penting untuk menjaga penerimaan dan pengeluaran bisnis secara rapi dan terorganisir. Hal ini mungkin akan membuat waktu anda lebih lama dibalik meja untuk memasukkan semua catatan dan informasi kedalam sistem akuntansi anda, namun bila catatan keuangan anda teratur dan dokumentasi keuangan lengkap, anda akan mendapatkan gambaran yang tepat tentang perkembangan bisnis anda. Sediakan waktu atau jam khusus setiap hari untuk mencatat dan jangan menunda atau delegasikan aktifitas ini kepada seorang ahli keuangan yang kredibel dan anda percayai.

Kedua, setelah Anda memiliki pola atau sistem akuntansi keuangan yang lancar, pertahankan dengan disiplin agar tetap berjalan tanpa kompromi. Dalam perjalanan bisnis kewirausahaan, sangat mudah sebuah sistem yang awalnya telah ditata dengan baik menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya karena kurangnya kontrol dan melemahnya disiplin. Dengan selalu memiliki sistem keuangan yang terjaga baik, anda akan lebih mudah menemukan arsip keuangan, sekaligus akan menghemat anggaran biaya dalam bidang akuntansi kedepannya.

Ketiga, pastikan bisnis yang anda jalankan saat ini sudah menghasilkan keuntungan sebelum anda memutuskan untuk ber-ekspansi. Sebuah keputusan dini untuk memperluas bisnis bisa beresiko menghapus pendapatan yang telah anda raih sebelumnya dan berganti dengan kerugian. Karena ekspansi juga berarti bertambahnya anggaran biaya. Break Even Point adalah kuncinya.

Bila anda dapat mencapai BEP tepat waktu sesuai target yang telah diperkirakan pada awal memulai usaha, artinya artinya anda telah berjalan di jalur yang benar. Saat itulah anda dapat mulai merencanakan target untuk ekspansi atau menambah jumlah pasokan produk yang akan dilempar ke pasar. Hal ini penting untuk mengukur besarnya market produk anda, berapa jumlah permintaan pasar akan produk anda dan berapa harga jual yang akan anda tetapkan karena bertambahnya produk yang akan beredar.

Keempat, penting untuk menentukan harga yang tepat. Berapa harga yang cocok produk anda? Apakah target market anda bersedia membeli produk atau jasa yang anda tawarkan dengan harga yang telah ditentukan? Berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing untuk produk sejenis? Apa kelebihan yang menjadi keunggulan produk anda? Bila produk anda memiliki beberapa keunggulan dibanding produk pesaing dan ternyata disukai pasar, anda harus berani menetapkan selisih harga lebih tinggi dari pesaing, namun bila tingkat persaingan produk anda ketat, anda bisa mempertimbangkan untuk mengurangi harga jual.

Kelima, perlakukan anggaran dengan bijaksana. Mengatur anggaran perusahaan ibarat mengatur anggaran dalam rumah tangga, agar dapur tetap ngebul, kita harus memiliki pendapatan yang lebih besar daripada pengeluaran. Bagaimana cara meningkatkan pendapatan, namun disaat yang sama anda juga harus menjaga pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Utamakan pengeluaran-pengeluaran yang kelak memiliki potensi berbalik menghasilkan peningkatan pendapatan bagi perusahaan.

Itulah 5 Manajemen Keuangan Sehat Agar Sukses Dalam Bisnis Dan Wirausaha. Makin baik sistem keuangan yang anda miliki, maka akan memudahkan anda untuk mengambil keputusan-keputusan bisnis yang membuat usaha anda akan maju dan sukses.

Sumber : wartawirusaha
Previous
Next Post »