Karya Ilmiah "Pemanfaatan Internet Untuk Iklan"




Abstrak

Karya ilmiah ini membahas tentang pemanfaatan iklan pada internet. Sejak munculnya internet, iklan di World Wide Web telah sangat populer. Banyak perusahaan, perusahaan dan bisnis telah mengambil keuntungan dari informasi ini dan Anda dapat melihat iklan pada setiap halaman Web yang Anda kunjungi.Karena pada saat ini internet merupakan hal yang sudah tak lazim lagi.Sehingga pada saat ini internet banyak digunakan oleh para produsen untuk mengiklankan produknya pada internet.karena dengan mengiklankan produknya pada internet dianggap hal yang paling efisien dan tepat.


Pendahuluan

Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa oleh sponsor terterntu yang harus dibayar,iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna menyebarkan pesan baik untuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan dijaringan internet saat ini sebenarnya lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang terjun ke bisnis terkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet di Amerika mencapai 1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih tergolong kecil.

Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet makin beragam.Diperkirakan jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari 1% dari total belanja iklan di media Indonesia.Beberapa hal yang menjadi penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas iklan melalui media internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam bisnis selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet sebaga media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen dan belum isa dianggap pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita kenal.

Karena mudah untuk mencapai segala jenis penonton tentang segala macam bisnis, kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan Internet diklasifikasikan menjadi dua jenis iklan, iklan online iklan online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori iklan online, iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa pengaturan sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim ke jaringan tertentu atau komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware atau spyware. Beberapa benar-benar berbahaya, yang paling terkenal adalah Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus dari sistem.

Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang digunakan untuk membuat iklan yang lebih menarik. Warna, tata letak halaman yang baik dan banyak imajinasi yang terlibat. Biasanya Adobe Flash digunakan untuk desain iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan untuk desain iklan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.

Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web biasanya dibuat dalam HTML atau Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan. Trik iklan banner adalah banner iklan yang memiliki fungsi tambahan kotak dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatan atau pesan kesalahan.

A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang menutupi halaman web yang aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain yang berada di bawah halaman web aktif dan dapat dilihat setelah jendela saat ini baik ditutup atau diminimalkan.



iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan sebelum mengarahkan ke halaman yang diinginkan.

Wallpaper iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan yang mengapung di layar dikenal sebagai iklan mengambang.

Iklan yang ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs web dikenal sebagai iklan video.



· Biaya Beriklan

Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan internet perlu menetapkan batas-batasnya.Bila tidak maka anda bias menghabiskan biaya lebih dari yang anda butuhkan.Penting dicatat bahwa perusahaan tahu apa tujuan periklanan yang diinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya tujuan evaluasi tujuan mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan informasi secara besar-besaran.Apabila yang diharapkan dari periklanan perusahaan tidak bias diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan secara sistematis dievaluasi dalam hal ketersampaian dengan media,maka barangkali tidak ada artinya menggunakan web.Begitu ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itu akan betul-betul menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan.Perhatian manajemen harus beralih ke web.Mereka perlu memahami aapa itu web dan bagaimana fungsinya,serta harus menyadari akan pentingnya memiliki komitmen jangka pendek mengenai penayangan informasi.Hanya dengan begitulah nantinya mereka akan bias memutuskan beberapa banyak uang akan dibelanjakan untuk beriklan diinternet.

Mentransplantasikan tujuan periklanan televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya tidak akan memadai.Iklan web diperuntukan bagi dinamika yang berbeda.Televisi,radio,Koran dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran seseorang iklan web bias mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat interaktifnya.Perusahaan perlu menilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga kerja,waktu dan sumber-sumber keuangan yang diperukan untuk tetap ada di web begitu merek memutuskan mengadopsi web.Celakanya,kurangnya komitmen hanya akan menjadikan situs web tidak akan membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa harus terus-menerus memberitahukan kepada pengunjung bahwa situs web tidak pernah betul-betul berakhir begitu kita masuk ia perlu perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk bias menarik pengunjung.


· Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan iklan di Internet

Berikut disampaikan aspek-aspek yang menyebabkan penggunaan internet lebih favorable dan yang unfavorable.Kelebihan penggunaan internet

1.      Pemangkasan biaya perantara pasar karena pembeli dapat langsung dengan pihak produsen dalam pembelian barang

2.      Peningkatan efektivitas iklan karena hannya calon pembeli yang benar-bear berminat saja yang akan membolak-balik halaman iklan di internet

3.      Biaa pemasangan yang masih relative murah dibandingkan dengan pemasangan iklan di media televisi.Tetapi belum adanya undang-undang teknologi yang dapat membatasi pertukaran data internet demi menjaga hak cipta



Kelemahan penggunaan iklan melalui internet:

1.      Konsumen masih ragu dalam pemesanan barang melalui internet karena factor kekhawatiran dan keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh karena itu perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit

2.      Untuk beberapa jenis produk,konsumen merasakan adanya kekhawatiran apaka barang yang terlihat dilayar monitor betul-betul persis seperti yang diinginkan,karena pembeli tidak memiliki kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenis dan kualitas barang yang aka dipesan.

3.      Kesulitan akses e-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.

4.      Bandwidth yang terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan informasi diantara para pelaku bisnis.




· Jenis-Jenis Media Iklan di Internet

Ø Banner

Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan di internet.Begitu anda melakukan penjelajahan di wahana informasi Super highway tersebut,maka banner akan ditampilkan berkisar dari 7 hingga 10kb.Semakin kecil ukuran file semakin ia melakukan loading.Para pengiklan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk merancang banner yang mampu menarik perhatian konsumen.Ada dua jenis banner: Keyword banner dan Random banner.Keyword Banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.Ini akan efektif bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang menjadi sasarannya.Random Banner,muncul secara acak.

Perusahaan-perusahaan yang ingin memperkenalkan produk baru biasanya menggunakan random banner.sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1998 oleh AOL memperlihatkan bahwa 9 dari 10 orang akan merespon iklan-iklan banner,dan sekitar 50% pemirsa akan mengingat suatu iklan begitu selesai menyelesaikannya.

Keuntungannya:

Keuntungan menggunakan banner ialah kemampuannya dalam melakukan kosstumisasi iklan ke audien yang menjadi sasarannya.Orang bisa memutuskan segmen pasar mana yang akan menjadi fokusnya.Bahkan banner dapat dikostumisasikan menjadi iklan one-to-one,targeted.Strategi pemasaran force advertising juga bisa diterapkan ,yang pelanggan dipaksa untk meliatnya,suka tidak suka.

Kerugian ada pada biaya keseluruhan yang sangat mahal.Kala perusahaan menginginkan satu kampanye yang sukses,maka ia perlu mengalokasikan sejumlah besar anggaran iklan agar dapat encapai CPM dalam volume tinggi.Selain itu,salah satu kerugian menggunakan banner ialah bahwa informasi yang disampaikan terbatas.Karena itu pengiklan perlu memikirkan pesan krearif yang pendek untuk menarik perhatian pemirsa.

Ø Banner Swaping

Banner swaping dilakukan bila perusahaan A setuju untuk menampilkan sebuah banner perusahaan B dengan imbalan perusahaan B juga mau menampilkan iklan perusahaan A.


Ø Banner Exchanges [Tukar Banner]

Seringkali banner swaping tidak berfungsi karena satu kesesuaian tidak mungkin dicapai Banner Exchanges biasanya dilakukan dalam perdagangan yang dilakukan oleh tiga partner atau lebih.Cara kerjanya sama dengan pertukaran dalam barter biasa.

Ø Iklan Persegi Panjang

Iklan persegi panjang besar berbetuk seperti banner,tetapi besar.Iklan segi empat ini bersama dengan iklan Skycraper dapat meningkatkan matrik merek kunci sebesar 40% dibandingkan dengan ukuran baseline (banner).Iklan persegi panjang besar menjadi lebih efektif kalau dipadukan dengan tipe iklan Skycraper.

Ø Iklan Skyscraper

Iklan Skycraper berbentuk seperti banner.Jika banner memanjang secara horizontal,maka skyscraper memanjang secara vertical

Ø Iklan Sponsorship

Bentuk iklan internet yng baru tumbuh popularitasnya adalah sponsorship pada halaman web.Iklan sponsorship ini menurut survai internet survai Advertising Bureau menempati nomor dua setelah banner,dengan pangsa pasar 25%.Perusahaan sponsor memasuki bagian publisher dari halaman web atau peristiwa tunggal untuk periode waktu yang terbatas,biasanya dihitung dalam bulan.

Ø Interstitial

Interstitial merupakan iklan yang dinamis pada internet.Interstitial berbentuk bermacam-macam iklan animasi yang muncul dilayar ketika computer mendiownload situs web.Tipe interstitial ini meliputi pop-up window,splash screen,intermecial.hyperstetial,superstetial dan sebagainya.meskipun iklan interstitial baru mencapai pangsa pasar 2% tapi perusahaan Berkeley system menyatakan bahwa iklan ini mampu meningkatkan kesadaran mereka dua kali lipat dibandingkan iklan banner.Demikian juga studi dari Double-Click,yang menyatakan bahwa iklan interstitial lebih efektif 194% dalam mendorong suatu merek

Dan masih banyak lagi jenis media iklan yang dapat digunakan diinternet.


Daftar Pustaka

M.Suyanto.(2003); “Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta

Penerbit: ANDI Yogyakarta.

Firmanasari,Zakiah (2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”.From


Nathan Jimbro Alie (2010); “Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.From  http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html

Untuk medownload filenya di sini
Latest
Previous
Next Post »