Karya
ilmiah ini membahas tentang pemanfaatan iklan pada internet. Sejak munculnya
internet, iklan di World Wide Web telah sangat populer. Banyak perusahaan,
perusahaan dan bisnis telah mengambil keuntungan dari informasi ini dan Anda
dapat melihat iklan pada setiap halaman Web yang Anda kunjungi.Karena pada saat
ini internet merupakan hal yang sudah tak lazim lagi.Sehingga pada saat ini
internet banyak digunakan oleh para produsen untuk mengiklankan produknya pada
internet.karena dengan mengiklankan produknya pada internet dianggap hal yang
paling efisien dan tepat.
Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan
promosi gagasan barang atau jasa oleh sponsor terterntu yang harus
dibayar,iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna menyebarkan pesan baik
untuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan dijaringan internet
saat ini sebenarnya lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang terjun ke bisnis
terkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet di
Amerika mencapai 1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih
tergolong kecil.
Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet
makin beragam.Diperkirakan jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang
dari 1% dari total belanja iklan di media Indonesia.Beberapa hal yang menjadi
penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas iklan melalui media
internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam bisnis
selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet
sebaga media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen
dan belum isa dianggap pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita
kenal.
Karena mudah untuk mencapai segala jenis penonton
tentang segala macam bisnis, kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan
iklan Internet diklasifikasikan menjadi dua jenis iklan, iklan online iklan
online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori iklan online,
iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum
dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa
pengaturan sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim
ke jaringan tertentu atau komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware
atau spyware. Beberapa benar-benar berbahaya, yang paling terkenal adalah
Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus dari sistem.
Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang
digunakan untuk membuat iklan yang lebih menarik. Warna, tata letak halaman
yang baik dan banyak imajinasi yang terlibat. Biasanya Adobe Flash digunakan
untuk desain iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan untuk
desain iklan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.
Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web
biasanya dibuat dalam HTML atau Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan.
Trik iklan banner adalah banner iklan yang memiliki fungsi tambahan kotak
dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatan atau pesan kesalahan.
A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang
menutupi halaman web yang aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain
yang berada di bawah halaman web aktif dan dapat dilihat setelah jendela saat
ini baik ditutup atau diminimalkan.
iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan
sebelum mengarahkan ke halaman yang diinginkan.
Wallpaper
iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan yang mengapung di layar
dikenal sebagai iklan mengambang.
Iklan yang
ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs web dikenal sebagai iklan
video.
· Biaya Beriklan
Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan internet perlu
menetapkan batas-batasnya.Bila tidak maka anda bias menghabiskan biaya lebih
dari yang anda butuhkan.Penting dicatat bahwa perusahaan tahu apa tujuan
periklanan yang diinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya tujuan evaluasi tujuan
mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan informasi secara
besar-besaran.Apabila yang diharapkan dari periklanan perusahaan tidak bias
diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan secara sistematis
dievaluasi dalam hal ketersampaian dengan media,maka barangkali tidak ada
artinya menggunakan web.Begitu ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana
beriklan maka hal itu akan betul-betul menguntungkan perusahaan guna mencapai
tujuan.Perhatian manajemen harus beralih ke web.Mereka perlu memahami aapa itu
web dan bagaimana fungsinya,serta harus menyadari akan pentingnya memiliki
komitmen jangka pendek mengenai penayangan informasi.Hanya dengan begitulah
nantinya mereka akan bias memutuskan beberapa banyak uang akan dibelanjakan
untuk beriklan diinternet.
Mentransplantasikan tujuan periklanan televise kedalam
tujuan beriklan di web agaknya tidak akan memadai.Iklan web diperuntukan bagi
dinamika yang berbeda.Televisi,radio,Koran dan majalah mengandalkan periklanan
in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran seseorang iklan web bias
mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat interaktifnya.Perusahaan perlu
menilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga kerja,waktu dan sumber-sumber
keuangan yang diperukan untuk tetap ada di web begitu merek memutuskan mengadopsi
web.Celakanya,kurangnya komitmen hanya akan menjadikan situs web tidak akan
membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa harus terus-menerus memberitahukan
kepada pengunjung bahwa situs web tidak pernah betul-betul berakhir begitu kita
masuk ia perlu perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk bias menarik
pengunjung.
Berikut disampaikan
aspek-aspek yang menyebabkan penggunaan internet lebih favorable dan yang
unfavorable.Kelebihan penggunaan internet
1.
Pemangkasan biaya perantara pasar karena
pembeli dapat langsung dengan pihak produsen dalam pembelian barang
2.
Peningkatan efektivitas iklan karena
hannya calon pembeli yang benar-bear berminat saja yang akan membolak-balik
halaman iklan di internet
3.
Biaa pemasangan yang masih relative murah
dibandingkan dengan pemasangan iklan di media televisi.Tetapi belum adanya
undang-undang teknologi yang dapat membatasi pertukaran data internet demi
menjaga hak cipta
Kelemahan penggunaan iklan melalui
internet:
1.
Konsumen masih ragu dalam pemesanan barang
melalui internet karena factor kekhawatiran dan keamanan dalam mengirim nomor
kartu kredit untuk pembayaran.Oleh karena itu perusahaan e-commerce harus
menjamin keamanan nomor kartu kredit
2.
Untuk beberapa jenis produk,konsumen
merasakan adanya kekhawatiran apaka barang yang terlihat dilayar monitor
betul-betul persis seperti yang diinginkan,karena pembeli tidak memiliki
kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenis dan kualitas barang yang
aka dipesan.
3.
Kesulitan akses e-commerce.Tidak semua
orang memiliki akses internet dan tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk
membolak-balik halaman internet.
4.
Bandwidth yang terbatas yang mengakibatkan
lambatnya proses tukar menukar data dan informasi diantara para pelaku bisnis.
· Jenis-Jenis Media
Iklan di Internet
Ø
Banner
Iklan banner merupakan jenis iklan yang
paling lazim digunakan di internet.Begitu anda melakukan penjelajahan di wahana
informasi Super highway tersebut,maka banner akan ditampilkan berkisar
dari 7 hingga 10kb.Semakin kecil ukuran file semakin ia melakukan loading.Para
pengiklan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk merancang banner yang
mampu menarik perhatian konsumen.Ada dua jenis banner: Keyword banner
dan Random banner.Keyword Banner muncul ketika dilakukan
query atas satu kata pembuka dari search engine.Ini akan efektif bagi
perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang menjadi sasarannya.Random
Banner,muncul secara acak.
Perusahaan-perusahaan yang ingin
memperkenalkan produk baru biasanya menggunakan random banner.sebuah studi yang
dilakukan pada tahun 1998 oleh AOL memperlihatkan bahwa 9 dari 10 orang akan
merespon iklan-iklan banner,dan sekitar 50% pemirsa akan mengingat suatu iklan
begitu selesai menyelesaikannya.
Keuntungannya:
Keuntungan menggunakan banner ialah
kemampuannya dalam melakukan kosstumisasi iklan ke audien yang menjadi
sasarannya.Orang bisa memutuskan segmen pasar mana yang akan menjadi
fokusnya.Bahkan banner dapat dikostumisasikan menjadi iklan
one-to-one,targeted.Strategi pemasaran force advertising juga bisa diterapkan
,yang pelanggan dipaksa untk meliatnya,suka tidak suka.
Kerugian ada pada biaya keseluruhan yang
sangat mahal.Kala perusahaan menginginkan satu kampanye yang sukses,maka ia
perlu mengalokasikan sejumlah besar anggaran iklan agar dapat encapai CPM dalam
volume tinggi.Selain itu,salah satu kerugian menggunakan banner ialah bahwa
informasi yang disampaikan terbatas.Karena itu pengiklan perlu memikirkan pesan
krearif yang pendek untuk menarik perhatian pemirsa.
Ø Banner Swaping
Banner swaping dilakukan bila perusahaan A
setuju untuk menampilkan sebuah banner perusahaan B dengan imbalan perusahaan B
juga mau menampilkan iklan perusahaan A.
Seringkali banner swaping tidak berfungsi
karena satu kesesuaian tidak mungkin dicapai Banner Exchanges biasanya
dilakukan dalam perdagangan yang dilakukan oleh tiga partner atau lebih.Cara
kerjanya sama dengan pertukaran dalam barter biasa.
Ø
Iklan Persegi Panjang
Iklan persegi panjang besar berbetuk
seperti banner,tetapi besar.Iklan segi empat ini bersama dengan iklan Skycraper
dapat meningkatkan matrik merek kunci sebesar 40% dibandingkan dengan ukuran
baseline (banner).Iklan persegi panjang besar menjadi lebih efektif kalau
dipadukan dengan tipe iklan Skycraper.
Ø
Iklan Skyscraper
Iklan Skycraper berbentuk seperti
banner.Jika banner memanjang secara horizontal,maka skyscraper memanjang secara
vertical
Ø
Iklan Sponsorship
Bentuk iklan internet yng baru tumbuh
popularitasnya adalah sponsorship pada halaman web.Iklan sponsorship ini
menurut survai internet survai Advertising Bureau menempati nomor dua setelah
banner,dengan pangsa pasar 25%.Perusahaan sponsor memasuki bagian publisher
dari halaman web atau peristiwa tunggal untuk periode waktu yang
terbatas,biasanya dihitung dalam bulan.
Ø
Interstitial
Interstitial merupakan iklan yang dinamis
pada internet.Interstitial berbentuk bermacam-macam iklan animasi yang muncul
dilayar ketika computer mendiownload situs web.Tipe interstitial ini meliputi
pop-up window,splash screen,intermecial.hyperstetial,superstetial dan
sebagainya.meskipun iklan interstitial baru mencapai pangsa pasar 2% tapi
perusahaan Berkeley system menyatakan bahwa iklan ini mampu meningkatkan
kesadaran mereka dua kali lipat dibandingkan iklan banner.Demikian juga studi
dari Double-Click,yang menyatakan bahwa iklan interstitial lebih efektif 194%
dalam mendorong suatu merek
Dan masih banyak
lagi jenis media iklan yang dapat digunakan diinternet.
M.Suyanto.(2003);
“Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta
Penerbit: ANDI
Yogyakarta.
Firmanasari,Zakiah
(2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”.From
Nathan Jimbro Alie
(2010); “Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.From http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html
Untuk medownload filenya di sini
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon