Pentingnya Memiliki Website Untuk Mengembangkan Bisnis

pentingnya-website-untuk bisnisHari ini, memiliki website adalah salah satu faktor penting dalam perjalanan usaha, apapun dan seberapa kecilnya usaha yang dimiliki sebaiknya mulai memikirkan untuk memiliki website. Suatu hari nanti mungkin salah satu hal yang mengejutkan adalah ketika melihat suatu usaha yang tidak memiliki situs web, karena semua orang tahu sebuah situs web sangat berguna  untuk mendukung jalannya suatu bisnis. Setiap bisnis yang tidak memiliki situs web otomatis akan kehilangan salah satu alat pemasaran yang paling kuat yang tersedia bagi mereka. itulah betapa pentingnya memiliki website untuk mengembangkan bisnis anda.

Alasan utama mengapa website penting bagi perusahaan adalah karena dengan adanya internet, orang akan mudah menemukan produk anda. Dengan kemudahan dan lengkapnya informasi yang tersedia, orang akan cenderung mencari produk yang diinginkan melalui pencarian di internet sebelum melakukan pembelian. Jika perusahaan anda tidak memiliki website dan menampilkan produk didalamnya, anda akan kehilangan banyak peluang bisnis yang potensial. Bahkan jika belum bermaksud membeli produk anda secara online, anda dapat menampilkan detail dan penjelasan tentang bisnis anda sehingga membuat orang tertarik dan belajar tentang bisnis anda.

Sebuah website juga penting untuk membantu anda membangun kredibilitas usaha. Kebanyakan pemilik usaha kecil masih beranggapan bahwa yang memiliki website adalah perusahaan besar saja, mungkin juga berpikir bahwa belum saatnya memiliki website karena biaya pembuatannya mahal dan anda masih dalam tahap merintis bisnis sehingga belum merasa perlu memiliki website. Anggapan tersebut keliru, justru dengan memiliki website sejak awal, usaha anda akan lebih cepat berkembang dalam segi kredibilitas, cepat meraih kepercayaan bisnis dari pelanggan karena dengan adanya website orang akan percaya bahwa anda benar-benar serius mengelola bisnis yang anda jalankan. Kemudian dari segi pemasaran, potensi orang yang akan melihat dan membeli produk anda akan semakin luas karena daya jangkau promosi website yang tidak mengenal batas wilayah dan negara.

Sebuah website tidak hanya menambah kredibilitas, tapi juga akan membantu memberi kesan bahwa perusahaan anda lebih besar dan sukses dari yang sebenarnya. Salah satu kehebatan internet adalah tidak mengenal ukuran perusahaan, besar atau kecil semua bisa bersaing untuk mendapatkan popularitas. Tidak ada alasan bahwa sebuah perusahaan kecil harus berada diurutan bawah dalam daftar pencarian untuk produk yang sejenis. Hanya di internetlah anda memiliki kemampuan untuk menaklukkan produk perusahaan multinasional dalam hal popularitas dan rating. Itulah beberapa alasan bahwa situs web justru lebih penting manfaatnya untuk perusahaan kecil, ketimbang perusahaan besar yang telah memiliki penetrasi pasar tersendiri.

pentingnya-website-untuk-bisnisNamun memiliki website bagi sebagian orang memang tidak semudah yang dibayangkan, ketidaktersediaan sumber daya, keterbatasan akses internet dan minimnya panduan cara pengelolaan dan anggapan bahwa membuat sebuah website memerlukan biaya mahal adalah beberapa faktor yang menjadi masalah utama. Sebenarnya website dapat anda miliki dengan biaya yang murah dan anda tidak perlu sebuah website dengan sepuluh ribu halaman raksasa untuk bisnis Anda, hanya sebuah situs sederhana yang memberitahu orang-orang tentang perusahaan Anda dan produk Anda itu sudah lebih dari cukup. Satu hal lagi yang perlu anda ketahui, bahwa semakin cepat anda memiliki website maka akan semakin cepat pula prospek usaha anda maju dan berkembang secara masif.


Sumber : wartawirausaha
Previous
Next Post »