Tips Wirausaha: Mencari dan Menemukan Peluang Usaha

Peluang UsahaDari pooling yang kami tampilkan untuk pertanyaan “Apa yang paling anda dibutuhkan untuk memulai wirausaha?” ternyata hasilnya kebutuhan Ide Usaha menduduki urutan pertama dengan persentase 53% atau jumlah pemilih sebanyak 216 orang, yang kedua faktor Modal menjadi suatu yang paling dibutuhkan untuk memulai wirausaha dengan angka 35% atau 141 pemilih dari total angka keseluruhan 408 voters (Per 20 Oktober 2014). Dari hasil urutan teratas tersebut tercermin bahwa kebanyakan calon wirausahawan atau pengusaha masih mengalami kesulitan untuk mencari dan menemukan ide usaha yang tepat dan cocok untuk dijalankan. Lalu bagaimana caranya mencari dan menemukan peluang usaha?

Bila kita baca kisah-kisah para pengusaha yang telah sukses dalam bisnis, ada banyak pengusaha sukses yang menemukan ide bisnisnya dari hasil mengamati, salah satu contoh pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya dengan cara mengamati adalah pendiri perusahaan furnitur Olympic. Kisahnya bisa dibaca disini: Belajar Jadi Wirausahawan Sukses Seperti Au Bintoro.

Ya, kesuksesan dalam bisnis bisa diawali dengan mengamati sekeliling kita. Apa ada yang terlihat kurang pas disekitar kita? Apa ada yang tidak efektif dalam sebuah pola yang berlaku di masyarakat? Apa kira-kira hal menarik yang kita lihat bakal jadi trend di masyarakat? Apa yang banyak dikeluhkan keluarga, teman dan orang banyak mengenai sebuah layanan. Dimanapun kita berada sebetulnya peluang usaha selalu ada dan pemikiran kitapun selalu bisa memunculkan ide usaha, hanya saja yang perlu diasah adalah intuisi bisnis dalam diri kita, anda tidak mungkin bisa menemukan sebuah kepingan ide yang tersembunyi, bila kurang peduli terhadap lingkungan dimana anda berada, tidak peka terhadap kesulitan atau keluhan orang lain yang kita dengar sehari-hari. Kadangkala kesulitan orang yang kita dengar adalah kata kunci yang bisa kita kembangkan dan selanjutnya diproses menjadi sebuah peluang usaha.

Selain dari proses mengamati, salah satu sumber untuk memunculkan peluang usaha yang sudah sering dibahas adalah mengawali dari kegiatan yang kita sukai. Artikelnya selengkapnya bisa anda baca disini: Peluang Usaha dari Hobi yang mampu jadi sumber penghasilan. Kelebihan dari memulai bisnis berdasarkan hobi adalah siapapun kita, seorang profesional, ibu rumah tangga, anak kuliahanpun pasti memiliki hobi dan dapat langsung memulainya sebagai usaha sambilan, bila ada kemauan dan dijalani dengan tekun niscaya usaha anda akan menemukan banyak kemajuan yang bisa dicapai. Misalnya hobi memasak adalah cikal bakal usaha katering, Seorang profesional yang hobi koleksi benda-benda antik bisa memulai jual beli antar sesama kolektor dan lain sebagainya.

Untuk anda yang berprofesi sebagai karyawanpun sebenarnya banyak peluang usaha yang dapat dijalani sebagai usaha sampingan yang mampu menghasilkan sumber income tambahan. Misalnya salah satu contohnya, dalam satu kantor, ada seorang rekan yang tinggal di daerah yang memiliki lahan yang belum tergarap. Kita dapat manfaatkan lahan tersebut untuk memulai wirausaha dengan sistem modal patungan antar teman sekantor yang berminat ikut serta. Dibuat sebuah kesepakatan bersama, lalu dengan modal bersama pula, lahan tersebut disewa kemudian difungsikan untuk membudidayaan sesuatu, misalnya beternak, bercocok tanam dan lain-lain. Untuk pengelolaan sehari-hari dapat diwakilkan kepada rekan pemilik lahan atau orang yang telah berpengalaman dalam bidang budidayanya dengan sistem upah atau pembagian keuntungan. Itu adalah salah satu yang sangat memungkinkan untuk dilakukan, mengingat hubungan pertemanan yang telah terjalin akan memudahkan untuk bekerja sama dan saling percaya.

Itulah sedikit gambaran tentang bagaimana mencari dan menemukan peluang usaha. Yang perlu jadi bahan pertimbangan penting dalam memulai suatu usaha adalah, jangan pernah memikirkan untuk mengawali satu suatu usaha dengan mencari yang besar atau spektakuler. Bila itu yang anda cari, anda akan sulit untuk menemukan dan selalu menunggu, akibatnya anda tidak akan pernah memulai. Lebih baik memulai dengan yang sederhana lalu dikembangkan menjadi besar, daripada memulai dengan sesuatu yang besar namun tanpa adanya pondasi yang kuat akan sangat beresiko. Semoga bermanfaat :)

Sumber : wartawirausaha 
First