Meningkatkan Omset Penjualan Dalam Bisnis Jasa

Meningkatkan Omset PenjualanBisnis jasa dan layanan adalah salah satu pilihan wirausaha yang memiliki prospek cerah, selalu ada peluang usaha baru yang bisa diciptakan seiring dengan meningkatnya kebutuhan, gaya hidup dan aktifitas manusia yang terus bertambah, disinilah bisnis jasa dan layanan hadir untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah pelanggan sehingga kebutuhannya jadi tercukupi dan masalahnya terselesaikan. Memilih Spesifikasi jenis jasa yang banyak dibutuhkan orang dan layanan yang memuaskan menjadi kunci utama agar mendapatkan lebih banyak klien dan pelanggan, karena dengan menjaga dua hal tersebut, maka bisnis anda akan bisa bertahan dan semakin berkembang. Bila anda memiliki usaha yang bergerak dalam bidang jasa, berikut ini adalah Cara Meningkatkan Omset Penjualan Dalam Bisnis Jasa yang akan berguna untuk anda.

Apa saja yang harus dipahami dalam memasarkan bisnis jasa dan layanan?

Hal pertama yang harus dipahami adalah orang tidak membeli jasa atau layanan anda, tapi membayar demi mendapatkan manfaat yang ada dalam kemasan layanan yang anda tawarkan tersebut, bahkan, bila manfaatnya benar-benar sesuai dan mempermudah hidupnya, seorang pembeli akan rela untuk mengeluarkan lebih banyak uangnya. Kebanyakan pembeli jasa memulai interaksi dengan mencoba jasa yang anda tawarkan, kemudian mereka akan menilai, apakah jasa yang anda jual benar-benar telah telah sesuai dengan yang ditawarkan dan memberi manfaat sesuai dengan yang diharapkan. Orang membeli jasa atau layanan anda karena mereka percaya hal itu akan memecahkan masalah tertentu dan memberi mereka hasil tertentu. Suatu layanan yang akan sukses adalah yang tahu “bagaimana” cara memberi manfaat dan memecahkan masalah pembeli dengan tuntas, sehingga mereka akan terus kembali lagi menggunakan jasa anda dan berikutnya menjadi seorang pelanggan tetap.

Sebagai ilustrasi, misalnya anda membuka jasa cuci kiloan, sudah menyebar pamflet promosi keren dengan janji layanan 1 hari selesai berikut fasilitas antar jemput, tapi pada kenyataannya hasil yang didapat pembeli tidak sesuai dengan janji yang anda berikan. Kemungkinan besar seorang pembeli akan kecewa dan tidak lagi menggunakan jasa anda, dan biasanya kekecewaan tersebut akan ditularkan kepada teman-temannya.

Bila anda hanya fokus pada memberitahu orang tentang “apa” bidang jasa anda tapi kurang menyampaikan “bagaimana” cara kerja anda dan tidak mampu membuktikan memberi jasa dan manfaat sesuai dengan yang diinginkan pembeli, maka anda akan sulit mengembangkan usaha, karena bisnis jasa adalah usaha yang memiliki ketergantungan yang tinggi dari omset yang dihasilkan dari pembeli yang menjadi pelanggan tetapnya. Layanan anda hanyalah alat atau metode yang anda gunakan untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi, maka anda harus lebih fokus kepada kualitas layanan yang prima dan memuaskan, sehingga setiap pembeli dapat anda konversikan menjadi pelanggan tetap dan sekaligus sarana promosi yang bernada positif.

Hal kedua yang harus dipahami kenapa orang mau membeli jasa anda adalah ANDA sendiri.
Sejak seseorang tahu bahwa mereka memiliki masalah dan ingin segera dipecahkan, mereka akan membuat keputusan tentang siapa yang akan menyelesaikannya, mereka akan bertanya kepada teman, lingkungan sekelilingnya atau mencari lewat internet, siapa yang paling kompeten mampu menyelesaikan masalah tersebut. Jika anda telah fokus pada “bagaimana” anda mengelola usaha dan terbukti mampu memberikan jasa yang telah memuaskan banyak orang, maka nama anda atau bisnis anda pasti akan masuk dalam daftar rekomendasi atau yang paling banyak disebut.

Jika Anda telah fokus pada pemahaman bagaimana memberikan jasa yang baik dan melakukan interaksi dengan ramah, mereka akan merasa bahwa anda memiliki kepedulian kepada mereka, mengerti pokok permasalahan dan mampu menyelesaikannya dengan memberi solusi yang baik. Mereka akan mulai mempercayai anda dan terbuka kepada Anda. Mereka secara alami akan memutuskan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk memecahkan masalah mereka dan akan merekomendasikan kepada lingkungan sekitarnya.

Jadi singkatnya, jangan fokus pada “bagaimana” menjual jasa. Sebaliknya, fokus pada “bagaimana” anda dapat memahami apa yang menjadi masalah orang lain dan menyelesaikannya. Semakin anda fokus pada pemahaman masalah mereka, maka mereka akan semakin percaya bahwa anda adalah salah satu yang selalu mereka andalkan. Dengan demikian, maka setiap pembeli akan menjadi pelanggan tetap dan sekaligus sarana promosi yang positif.

Sumber : wartawirausaha 
Previous
Next Post »