Peluang Usaha Hobi Fotografi, Mengubah Kreatifitas Jadi Uang Cash

peluang usaha fotografiPunya hobi fotografi memang mengasyikkan, selain merupakan salah satu cara untuk meng-ekpresikan diri dalam bentuk kegiatan yang positif, ternyata banyak manfaat lain yang sekaligus bisa kita dapatkan lewat hobi yang satu ini, antara lain bertambahnya teman, bertambahnya pengalaman dan bertambah juga satu keahlian yang suatu saat bisa dimanfaatkan untuk mempermudah kehidupan kita sendiri kelak. Belakangan ini hobi fotografi memang sedang banyak digemari oleh segala kalangan, terutama kaum muda. Dipusat-pusat kota, tempat-tempat unik atau lokasi wisata selalu tampak penghobi fotografi baik perorangan maupun dalam grup komunitas sedang berburu foto.
Bila dilihat dari bisnis dan peluang usaha, fotografi memang salah satu hobi yang menjanjikan peluang penghasilan tinggi, apabila seseorang mau menekuninya dan menjadikannya sebagai profesi. Tak sulit bagi seorang fotografer profesional berpengalaman menghasilkan uang dengan bidikan kameranya. Lalu bagaimana dengan penggemar fotografi yang baru memulai kegiatan tersebut sebagai hobi, apakah dapat juga menghasilkan uang? Bagaimana cara mengembangkan kreatifitas, meningkatkan kemampuan dan sekaligus memiliki peluang mendapatkan penghasilan? Berikut ini adalah tips Peluang Usaha Hobi Fotografi, Mengubah Kreatifitas jadi Uang Cash.

Jika disimpulkan (juga hasil pengalaman pribadi dari teman-teman penghobi), sebagian besar penghobi fotografi rata-rata hanya menyimpan hasil kreasinya dalam komputer, meng-pload ke media sosial, blog atau website sebagai koleksi pribadi. Tapi bila anda ingin mulai belajar menghasilkan uang dari hasil kreatifitas tersebut, sebenarnya ada satu cara yang bisa dilakukan, yaitu menjual koleksi foto anda secara online sebagai kontributor foto. Banyak situs-situs penyedia foto yang membuka kesempatan kepada siapapun untuk mengunggah hasil kreatifitas tersebut kedalam database mereka untuk kemudian ditampilkan secara komersil, dalam arti; siapapun kelak yang mengunduh foto anda, mereka diwajibkan untuk membeli dan anda sebagai kontributor atau pemilik hak cipta berpeluang menikmati hasil penjualan dalam bentuk royalti atau bagi hasil.
Berikut ini adalah 10 website pilihan yang bisa membantu mengubah kreatifitas anda menjadi lebih bernilai secara komersial:

1. Dreamstime
Dreamstime adalah salah satu agen penyedia layanan foto atau mictostock yang memiliki reputasi sangat baik dan koleksinya adalah yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Reputasi dan pencapaian tersebut memang layak didapatkan, karena prosedur seleksi ketat yang diterapkan dalam perusahaan ini. Siapa saja dapat mendaftar sebagai kontributor foto di situs ini, tapi aplikasi yang diajukan oleh calon kontributor harus melalui tahap persetujuan yang dilakukan oleh sebuah tim editor. Setelah pengajuan anda disetujui, barulah anda dapat langsung berjualan foto hasil karya sendiri. Persentase royalti yang akan anda hasilkan adalah sekitar 25 – 50% tiap penjualan, ada nilai tambahan 10% untuk foto eksklusif (tidak boleh dijual di tempat lain). Anda juga bisa melamar kerja sebagai fotografer eksklusif Dreamstime dan menikmati 60% royalti bila lamaran anda diterima.

2. iStock Photo
Menjual foto lewat iStock Photo anda akan mendapatkan royalti sebesar 15% per download. Bila anda telah menjadi kontributor eksklusif anda berpeluang mendapatkan royalti sebesar 45%. Website ini juga dilengkapi dengan forum dan ruang khusus kontributor yang membahas trend fotografi terbaru untuk membantu anda meningkatkan penghasilan.

3. Shutterstock
Dengan lebih dari 350 juta gambar dan foto hasil karya kontributor yang telah didownload dari seluruh dunia, Shutterstock adalah pasar foto digital online paling ramai di internet dan tempat yang cocok untuk memulai belajar berjualan karya fotografi secara online. Tersedia bermacam tips dan panduan sukses menjadi seorang kontributor foto untuk kontributor pemula. Anda akan mendapatkan antara 0.25$ – 28$ tiap kali foto anda terjual, tergantung lisensi foto tersebut.

4. SmugMug
Bila anda ingin memiliki situs yang profesional untuk menampilkan hasil kreatifitas anda dengan gaya e-commerce, situs ini adalah pilihannya. SMugMug Pro memberi anda tampilan cantik sebuah galeri foto dengan kemampuan online shop. Anda dapat menentukan harga jual sendiri dan 85% dari setiap keuntungan penjualan adalah milik anda. Selain produk foto digital, disini anda juga bisa menjual produk cetakan dan bermacam desain kartu ucapan.

5. Fotolia
Fotolia adalah salah satu penyedia ayanan stok foto asal Australia yang memberi apresiasi yang baik kepada kontributornya dengan pembagian royalti yang adil dan memiliki jangkauan market yang luas. Sebagai kontributor anda akan berkesempatan menampilkan dan menawarkan hasil kreatifitas anda ke lebih dari empat juta pembeli gambar di seluruh dunia setiap jamnya. Tiap kali sebuah foto terjual, anda akan mendapatkan royalti yang berkisar antara 20% sampai 63% dari penjualan yang langsung ditambahkan dalam account Fotolia anda.

6. 123RF
Salah satu pilihan lain yang ditawarkan untuk para peminat usaha kontributor foto adalah layanan dari situs 123RF.com. Disini level kontributor diukur berdasarkan jumlah kontribusi yang anda berikan. Penghasilan yang akan diterima dapat meningkat dari 30% hingga 60% tergantung keaktifan dan rutinitas anda mengirim foto secara kontinyu. Semakin teratur dan kontinyu anda mengirim maka semakin tinggi peluang penghasilan yang akan didapat.

7. Flickr & Getty Images
Di tahun 2010 2 buah situs online penyedia foto digital, Flickr dan Getty Images bergabung dan membuat sebuah layanan yang memungkinkan siapapun dapat menjual foto kepada mereka dan anda memberikan hak kepada mereka untuk mengelola stok foto tersebut. Anda dapat mengirimkan karya-karya fotografi terbaik ke Getty Images, bila editor menyetujui, maka foto anda akan dipromosikan dan anda berhak mendapatkan 20% royalti untuk setiap foto yang dibeli.

8. CanStockPhoto
CanStockPhoto sebuah situs menyedia microstock yang menawarkan satu keunggulan untuk memanjakan kontributornya, keunggulannya terletak pada kemudahan registasi calon kontributor, anda cukup kunjungi linknya lalu mendaftar, tak ada editor atau tahap approval yang harus dilalui untuk menjadi seorang kontributor. Lalu satu kelebihan lainnya terletak pada sistem upload yang super cepat dan fitur untuk mengunggah banyak foto sekaligus (Photo’s SpeedSubmit™ system). Sehingga pekerjaan yang paling menyita waktu seperti meng-upload banyak foto dapat dipersingkat. Royalti per penjualan adalah 50% – 50% per penjualan.

9. Alamy
Dengan sistem bagi hasil yang adil, 50% – 50%, Alamy adalah salah satu situs yang sangat memanjakan kontributornya. Terlebih, bila anda bergabung disini, anda tidak dipaksa untuk memberikan hak cipta eksklusif, artinya anda bebas menjual lagi ke situs lainnya untuk satu buah foto yang sama.

10. PhotoShelter
Bila anda hanya ingin menjual foto secara onine tapi nggak mau ribet dengan segala peraturan tentang privasi, royalti dan ingin tetap memiliki hak kontrol penuh atas semua foto tersebut, memiliki situs web siap pakai yang bertema fotografi dengan tampilan yang berkelas, modern serta memiliki fitur e-commerce lengkap yang telah terintegrasi adalah salah satu solusi yang bisa ditempuh. PhotoSelter memiliki semua yang anda butuhkan, mulai dari  layout yang classy, user-friendly, mudah dipakai, Cloud storage, Optimasi SEO dan telah terhubung dengan media sosial. Menjual lisense karya kreatifitas anda jadi lebih mudah.

Itulah 10 situs teratas yang menawarkan layanan kepada siapa saja dapat berkontribusi dan menjual foto secara online. Banyak nilai positif yang kita dapatkan dengan menjadi seorang kontributor foto online, selain menambah pengetahuan kita tentang sisi bisnis dari dunia fotografi, dapat juga dijadikan pemicu agar kita lebih serius menekuni hobi tersebut, karena kita menemukan sarana baru untuk berekspresi menunjukkan kualitas kerja kita yang langsung bisa dilihat oleh pengguna internet di seluruh dunia, sekaligus juga berpeluang mendapatkan penghasilan yang bisa terus meningkat.

Satu lagi nilai positif yang kita dapat sebagai seorang kontributor foto adalah bertambahnya daftar pengalaman kerja yang dapat dicantumkan dalam CV atau portfolio sebagai bukti kredibilitas keahlian yang kita miliki. Itulah peluang usaha dari hobi fotografi, mengubah kreatifitas menjadi uang cash. Semoga bermanfaat :) 

Sumber : wartawirausaha
Previous
Next Post »